Senin, 01 Juli 2013

Perbedaan Kamera SLR dengan DSLR

Perbedaan Kamera SLR dengan DSLR

Perbedaan Kamera SLR dengan DSLR | Sekarang ini perkembangan di dunia fotografi semakin menjamur. Telah banyak kaum-kaum muda yang tertarik untuk mendalami dunia fotografi ini.
Namun, ternyata juga ada yang suka dengan dunia fotografi karena faktor keinginan bukan faktor hobi. Sekali mencoba pun langsung memakai Kamera jenis DSLR. Wow.. padahal belum pernah megang kamera, sekali megang langsung pakai yang jenis DSLR.
Tapi itu tidak apa-apa, yang penting di dalam dunia fotografi si pemotret mengerti dasar-dasar dalam pengambilan gambar. Baik, dari tadi saya bilang DSLR-DSLR, sebenarnya apa sih itu DSLR.
Kamera ada 2 jenis (Bener tidak ini ya?? Menurut saya sih), yaitu Kamera SLR dan DSLR. Sebenarnyaperbedaan mendasar terletak pada sistem kerjanya. Berikut uraian singkat mengenai perbedaan kamera slr dan dslr.
§  Kamera DLSR
DSLR atau Digital Single Lens Reflex ini bekerja dengan sistem digital mulai saat capture obyek foto oleh Sensor hingga peletakan pada media penyimpanan seperti memory card. Oleh karena itu pada Kamera DSLR terdapat lebih banyak tombol dibanding Kamera SLR. Tombol-tombolnya seperti pilihan ISO, White Balance, Preset Scenes, Resolusi dan lainnya, dan yang paling membedakan adalah tersedianya memory slot yang terkadang lebih dari 1 Memory Slot.
§  Kamera SLR
Sedangkan SLR (Single Lens Reflex) adalah sistem kerjanya berbeda dengan DSLR, dan tidak ada pilihan ISO(karena secara otomatis telah ditentukan oleh casing film yang terbuat dari metal kemudian dicat pada bagian-bagian tertentu).
Kamera SLR lebih sederhana, sistem elektroniknya hanya berfungsi untuk pengaturan komposisi foto secara otomatik (aperture, speed) bagi profesional pengaturan auto ini justru sering di non aktifkan, selebihnya perintah untuk menggulung film maju atau mundur secara otomatis.
Pada SLR media penyimpan data gambar disimpan pada film 35MM (analog/roll film) sehingga tidak diperlukan proses digitalisasi, kompresi data sehingga gambar bisa langsung dilihat hasilnya pada film tersebut. Bila ingin memproses foto lebih lanjut gulungan film inilah yang dibawa ke laboratorium cuci cetak foto untuk di cetak atau di scan.
Sedangkan untuk melihat hasil foto pada DSLR kita harus membutuhkan seperangkat komputer dan software untuk mentransfer foto dari DSLR ke Komputer sehingga nanti bisa dilakukan editing, dan inilah keunggulan DSLR sehingga hasil foto langsung dapat dilihat di LCD yang tersedia pada tiap DSLR. Bila ingin memproses edit dan cetak foto maka tinggal mentransfer data di memory card ke PC, jika kita memiliki printer maka kita bisa langsung mencetaknya.
Sedikit membahas tentang persamaannya, persamaan DSLR dan SLR adalah sistem kerja pengambilan obyek foto yang menggunakan satu lensa (single lens) yang sama untuk fungsi membidik dan menyampaikan hasil bidikan kepada Image Sensor (DSLR) atau pada Film (SLR). Progres tersebut dikerjakan secara reflexy (memakai kaca pantul yang terdapat didalam camera).
Mungkin itu perbedaan kamera SLR dan DSLR , jika ada yang kurang mohon ditambahkan di ruang komentar di bawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar